Penjelasan-Istilah-Incoterms-Dalam-Ekspor-Impor

jasaimportmurah – Sepertinya untuk seseorang yang sering berkecimpung di dunia ekspor impor istilah Incoterms sudah tidak asing lagi didengar. Tentu saja syarat utama menjadi seorang pebisnis sukses yaitu menguasai bisnis secara komprehensif. Selain itu harus tau bagaimana cara untuk mengurus izin usaha dan mengenal berbagai macam istilah dalam dokumen usahanya. Nah incoterms ini menjadi istilah yang memiliki peranan penting dalam dunia bisnis terutama di bisnins ekspor impor. Mari kita bahas lebih dalam dan ringkas dibawah ini.

Memahami Incoterms

Incoterms adalah singkatan dari International Commercial Terms. Secara etimologis, ketiga kata tersebut memiliki arti yaitu:

  • International artinya internasional atau antar negara.
  • Comercial berarti perdagangan atau perdagangan.
  • Terms adalah bentuk jamak dari Istilah yang artinya istilah.

Incoterms secara harfiah adalah kumpulan istilah yang dibuat untuk menyamakan arti antara penjual dan pembeli dalam perdagangan internasional. Tujuan dari pemahaman bersama ini agar komunikasi berjalan dengan baik dan perdagangan internasional dapat berjalan dengan lancar. Incoterms meliputi hal-hal yang berkaitan dengan jual beli internasional, mulai dari pertanggungjawaban proses ekspor-impor, pengiriman barang, penanggung biaya dan sebagainya. Penggunaan istilah ini juga berkaitan dengan pencatatan akuntansi perusahaan yang bersangkutan. Sehingga istilah dalam incoterm juga harus dipahami oleh para pelaku bisnis maupun akuntan yang bekerja di perusahaan ekspor-impor.

Tujuan Dibuatnya Istilah Incoterms

Incoterms dibuat agar tidak terjadi kesalahpahaman antara penjual dan pembeli dalam proses perdagangan yang terjadi. Ini karena perdagangan internasional melibatkan penjual dan pembeli dari berbagai negara yang berbicara bahasa berbeda. Secara umum ada beberapa kegunaan incoterms yaitu:

1. Mengatur hak dan kewajiban yang menjadi beban eksportir dan importir dalam melakukan transaksi.

2. Untuk memberikan pilihan syarat pengiriman bagi eksportir dan importir

3. Untuk meminimalkan salah tafsir atau kesalahpahaman tentang tanggung jawab antara eksportir dan importir

Istilah incoterm yang digunakan juga berdampak pada pembukuan perusahaan. Dengan istilah ini, laporan lebih mudah dibaca dan dipahami. Mungkin untuk lebih lengkapnya, Anda juga perlu memahami siklus akuntansi yang mudah dari sebuah perusahaan dagang untuk membantu proses pembukuan Anda.

Istilah Dalam Incoterms

Ex Works (EXW) Incoterms

Jika dokumen perdagangan Anda berisi istilah EXW (Ex Works) maka ini berarti penjual akan menentukan lokasi atau tempat pengambilan barang yang Anda beli. Anda sebagai pembeli juga bertanggung jawab atas biaya transportasi dan biaya bongkar serta biaya lain yang mungkin timbul pada saat pengiriman barang dilakukan.

Carriage Paid To (CPT)

Jika Anda menemukan istilah CPT (Carriage Paid To) dalam dokumen perdagangan Anda, artinya penjual akan menanggung semua biaya yang akan timbul hingga produk yang dikirim mencapai tujuannya. Dalam hal ini tanggung jawab penjual hanya sampai pada saat barang diserahkan kepada pengangkut atau pengangkut.

Delivered Duty Paid (DDP)

Pengertian DDP adalah penjual akan mengirimkan barang ke tempat tujuan dan menanggung semua biaya di dalamnya termasuk biaya asuransi dan semua biaya tambahan lainnya yang harus dibayar. Biaya tersebut sudah termasuk pajak, cukai, impor dan lain-lain. Di DDP, penjual juga mengurus izin membawa barang dari pembeli.

Free Carieer (FCA)

Istilah FCA artinya penjual nantinya akan bertanggung jawab atas perizinan ekspor hingga menyerahkannya kepada pengangkut di tempat (pelabuhan) yang telah disepakati bersama. Pembeli hanya membayar ongkos kirim dan tanggung jawab penjual akan hangus saat pembeli menerima barang di pelabuhan tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *